Kamis, 17 Juli 2008

Sistem Informasi

1. Informasi dan Sistem InformasiInformasi adalah salah satu sumber daya penting dalam suatu organisasi, digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan.Sistem Informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan tehnologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
2. Level Manajemen dan Arus InformasiDalam organisasi tradisional umumnya terdapat 4 kelompok, yaitu manajemen tingkat atas (yang menangani keputusan-keputusan strategis), manajemen tingkat menengah (yang bertanggung jawab terhadap keputusan-keputusan taktis,yaitu keputusan yang mengimplementasikan sarana-sarana strategis suatu organisasi), manajemen tingkat bawah (yang bertanggung jawab terhadap kegiatan-kegiatan operasional dalam suatu organisasi), dan pegawai non-manajemen (semua pegawai yang tidak termasuk dalam manajemen).
3. Jenis KeputusanJenis keputusan dibedakan menjadi 3 jenis,yaitu keputusan terstruktur (keputusan yang dilakukan secara berulang-ulang dan bersifat rutin), keputusan semiterstruktur (keputusan yang mempunyai sifat yakni sebagai keputusan dapat ditangani oleh computer dan yang lain harus tetap dilakukan oleh pengambil keputusan), keputusan tak terstruktur (keputusan yang penanganannya rumit, karena tidak terjadi berulang-ulang atau tidak selalu terjadi).
4. Jenis Sistem InformasiSistem informasi yang digunakan untuk menyediakan informasi bagi para pemakai disuatu organisasi dapat dibedakan menurut dukungan terhadap berbagai level manajemen (TPS, MIS, DSS, EIS, OAS, GSS, ISS) maupun area fungsional (system informasi akuntansi, system informasi keuangan, system informasi manufaktur, system informasi pemasaran, system informasi sumber daya manusia).
5. Sistem AntarorganisasiSistem antarorganisasi adalah system yang mengotomasikan arus informasi antarorganisme untuk mendukung perencanaan, pengembangan, produksi, dan pengiriman produk dan jasa.
6. Unit Layanan Sistem Informasi.
7.Pengembangan Sistem InformasiAda banyak cara untuk mengembangkan system informasi, seperti :· InsourcingMenggunakan SDLC, organisasi akan mengikuti 6 langkah penting, yaitu : perencanaan, penentuan lingkup, analisa, desain, implementasi, pemeliharaan.Kelebihan: perlu untuk system dan proyek yang komplek. Kelemahan: pelan, mahal, perubahan tidak dapat dilakukan dengan cepat, banyak kertas yang perlu dikelola.

Tidak ada komentar: