Kamis, 17 Juli 2008

Jaringan Komputer

Jaringan computer adalah hubungan dua buah computer atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data, bagi pakai (sharing) perangkat lunak dan keras.Jaringan computer dapat dibedakan berdasarkan luas area dan cara komunikasi (potokol). Berdasarkan luas area jaringan computer dibagi menjadi 3 yaitu LAN, MAN, WAN.Berdasarkan protocol komunikasinya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu CloseProtocol (protocol komunikasi untuk system operasi yang sama, misal sesama Windows) dan Open Protocol (protocol komunikasi untuk berbagai system operasi, misal internet).

Layer Fisik
A.Kabel
1.Jenis kabel : Twisted Pair, Kabel Koaksial, Kabel Serat Optik.
2.Topologi
Topologi merupakan bentik jaringan dengan kabel.Topologi pada jaringan kabel ada lima yaitu Mesh, Star, Bus, Ring, dan Pohon.
3.Perangkat Keras Pendukung
· HubPerangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.
· Kepeater
· Bridge
Sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya diperlukan jembatan untuk itu.Bridge mengatur informasi diantara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur.Bridge juga dapat digunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.
· Router
Sebuah router mengartikan informasi dari satu jaringan kejaringan yang lain, dia hamper sama dengan bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari 13 jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan atas alamat tujuan dan alamat asal.

B.Tanpa Kabel
1. Gelombang Mikro (Terestrial)
Dta disalurkan dalam jalur lurus ke udara via stadium relay.Stadium relay harus ditempetkan di tempat yang tinggi. Gelombang mikro memiliki kelemahan karena selalu memerlukan stadium relay yang mahal dan sangat terpengaruh ole cuaca.
2. Satelit
Data disalurkan melalui satelit bumi sehingga memiliki jangkauan yang luas.Dibandingkan dengan terrestrial jangkauan satelit lebih luas, maka sering dipakai untuk televise. Setelit memiliki kelemahan karena satelit sangat mahal dan sangat terpengaruh oleh cuaca.
3. Gelombang Radio
Data disalurkan melalui gelombang radio dengan frekuensi tertentu. Komunikasinya peer2peer. Kelebihan gellombang radio adalah bias melewati dinding. Kelemahan ada pada keamanan karena semua bias konek satu dengan yang lain.
4. Infra Merah
Data disalurkan melalui denyut cahaya dengan spectrum infra merah. Kelebihan infra merah adalah murah dan bandwidth lebih baik. Kelemahannya tidak dapat menembus dinding atau benda padat.

Tidak ada komentar: